Ecotourism

Ekowisata di Bogor

Image result for ekowisata
Nama: Ai Fitri Yuliani
NPM: 10614628
Kelas: 3SA01


1. Apa itu Ekowisata?


Ekowisata, yang seharusnya diterjemahkan dari Ecotourism menjadi ekoturisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. Ekowisata harus mendahulukan kelestarian dibanding kepuasan tersendiri dalam menikmati keindahan alam. Kegiatan pariwisata ini dimaksudkan pula untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Ekowisata muncul ketika mulai adanya dampak-dampak negatif dari kegiatan yang dilakukan di area alami, Dampak tersebut berupa kerusakan lingkungan, terpengaruhnya budaya lokal secara tidak terkontrol, berkurangnya peran masyarakat setempat dan persaingan bisnis yang mulai mengancam lingkungan, budaya dan ekonomi masyarakat setempat. Sehingga proses kunjungan yang sebelumnya memanjakan wisatawan namun memberikan dampak negatif kepada lingkungan mulai dikurangi.


2. Mengapa Bogor?

Image result for bogor
Bogor selalu menjadi tujuan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, terlebih para wisatawan yang berasal dari kota Jakarta. Situasi Jakarta yang padat dan membuat penat, menjadi alasan utama warga Jakarta untuk mengunjungi tempat sejuk dan nyaman. Selain itu, kota Bogor yang dekat dengan Jakarta juga menjadi salah satu alasan kuat untuk mengunjungi kota yang masih alami ini. Banyak daerah-daerah di Bogor yang memang sangat alami dan sejuk dan dijadikan tempat untuk berwisata, seperti curug-curug (air terjun), gunung, perkebunan teh, dan lain sebagainya.

3. Apa saja kegiatan wisata alam di Bogor?



  • Wisata pemandangan; Semua objek alam bisa menjadi wisata pemandangan, seperti pegunungan, air terjun, perkebunan teh, bahkan flora dan fauna pun dapat menjadi objek wisata pemandangan. Namun sayangnya Bogor tidak memiliki tempat wisata pantai.
Image result for perkebunan teh bogor   Image result for pegunungan bogor
  • Wisata kebudayaan dan sejarah; Objek wisata di Bogor yang memiliki nilai sejarah dan kebudayaan misalnya suatu daerah di Bogor yang penduduknya masih menganut adat kuno. Wisata ini juga bertujuan untuk mempelajari adat budaya yang ada di daerah Bogor.
Image result for adat budaya bogor
  • Wisata penelitian; Objek-objek wisata di Bogor akan selalu menarik untuk diteliti. Contohnya banyak sekali di internet yang melakukan penelitian di Bogor.
  • Wisata petualangan; Selain untuk menenangkan pikiran dan mencari hiburan, daerah-daerah Bogor yang masih sangat alami itu sangat cocok untuk dijadikan petualangan. Contohnya seperti mendaki gunung, paralayangan, lintas alam, dan berkemah.
Image result for mendaki di bogor Image result for paralayang di bogor
  • Wisata sosial, konservasi dan pendidikan; Wisata inilah yang menjadi tujuan utama dari ekowisata.
Hal-hal yang harus diterapkan dalam pembangunan ekowisata di Bogor

  1. Wisata ramah lingkungan; Selalu terapkan pola wisata ramah lingkungan pada semua pengunjung yang datang.
  2. Batasi jumlah pengunjung; Jika dikira terlalu banyaknya pengunjung maka batasi, supaya sesuai dengan daya dukung lingkungan.
  3. Arahan dari penjaga; Sebelum pengunjung memasuki area wisata, lebih baik agar diarahkan terlebih dahulu oleh penjaga tempat wisata tersebut agar para pengunjung mengetahui larangan dan aturan yang harus dipatuhi.
  4. Tidak membangun infrastruktur terlalu besar; Pembangunan infrastruktur yang terlalu besar akan membuat "ciri khas" dari tempat yang masih alami ini menjadi hilang.
  5. Peningkatan ekonomi masyarakat setempat; Kegiatan ekowisata haruslah memberikan dampak yang bisa dirasakan secara langsung pada peningkatan ekonomi masyarakat.



Referensi: 
  • http://www.kompasiana.com/budisetiyono/ekowisata-bukan-sekedar-wisata-alam_54f93522a33311f8478b4cab.
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ekowisata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Task 6: Negotiation

Translation of English Poetry into Indonesian