Softskill



2 Tempat Wisata dengan kelebihan dan kekurangannnya

Nama : Ai Fitri Yuliani
NPM: 10614628
Kelas: 1Sa01 
1.   Kampung Naga
Hasil gambar untuk Kampung naga
Kampung Naga merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda. Seperti permukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.
Kampung ini secara administratif berada di wilayah Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat. Lokasi Kampung Naga tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Garut dengan kota Tasikmalaya. Kampung ini berada di lembah yang subur, dengan batas wilayah, di sebelah barat Kampung Naga dibatasi oleh hutan keramat karena di dalam hutan tersebut terdapat makam leluhur masyarakat Kampung Naga. Di sebelah selatan dibatasi oleh sawah-sawah penduduk, dan di sebelah utara dan timur dibatasi oleh Ci Wulan (Kali Wulan) yang sumber airnya berasal dari Gunung Cikuray di daerah Garut. Jarak tempuh dari kota Tasikmalaya ke Kampung Naga kurag lebih 30 kilometer, sedangkan dari kota Garut jaraknya 26 kilometer.
Ø Keunikan
-         Bangunan rumah yang sangat terlihat kesederhanaannya
Seluruh bangunan terbuat dari bahan bambu dan kayu, dengan beratapkan ijuk tebal. Tidak ada nuansa warna-warni cat di setiap dinding rumah, yang ada hanyalah polesan kapur putih atau justru mempertahankan warna kayu yang terpasang
-         Kebersihan lingkungan yang terjaga
Setiap rumah tidak memiliki toilet atau kamar mandi. Untuk kebutuhan mandi dan buang air, setiap warga harus menuju kakus umum yang berada di luar tanah adat. Dengan demikian, 1.5 hektare tanah adat benar-benar difungsikan sebagai lahan pemukiman yang sangat terjaga kebersihannya.
-         Pemandangan indah yang sangat kental dengan nuansa alam
-         Terdapat museum benda pusaka

Ø Kekurangan
-         Teknologi yang sangat minim
-         tiadanya alat komunikasi
-         para penduduk tidak ingin kampungnya menjadi objek wisata yang sering dikunjungi para pengunjung.

Ø Solusi
-         Ikuti dan patuhi aturan yang ada di kampung tersebut
-         Bawalah alat komunikas saat di sana

2.   Pantai Sanur Bali
Pantai Sanur Bali sangat terkenal dengan sunrise nya yang sangat indah dan jelas bila dilihat dari pantainya. Pantai Sanur Bali terletak di sebelah timur kota Denpasar ibukota Bali. Lautnya begitu luas dengan gelombang yang tidak terlalu besar. Sangat cocok bagi seorang yang ingin menenangkan hati dan pikiran agar lebih tenang.
Ø Kelebihan
-         Terkenal dengan sunrise nya yang sangat jelas bila dilihat dari sana
-         Terkenal dengan pasir putih nya yang konon katanya bisa menjadi obat rematik
-         Pantai Sanur berlokasi strategis karena dekat dengan banyak lokasi lainnya dan mudah ditempuh dari pusat wisata
-         Panorama pantai Sanur sangat indah bila dilihat pagi hari
-         Fasilitas yang cukup memadai sehingga cukup nyaman bagi yang berlibur di sana.
Ø Kekurangan
-         Kebersihan lingkungan kurang terawat karena tidak ada perawatan khusus dari pengelolanya
-         Pelayanannya kurang memadai karena tidak ada perhatian khusus
Ø Solusi
-         Perlunya memperhatikan lebih tingkat kebersihan agar keindahan pantai tidak rusak karena kebersihan yang kurang
-         Dibutuhkan peningkata pelayanan bagi para pengunjung dan menetapkan aturan-aturan yang harus ditaati oleh pengunjung.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Task 6: Negotiation

Translation of English Poetry into Indonesian